Jurnal Penyesuaian

0
48

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam akun sehingga saldo mencerminkan jumlah yang sebenarnya.Dalam akuntansi, pembuatan jurnal penyesuaian dapat dilakukan dalam dua keadaan, sebagai berikut.§ Pertama adalah keadaan di mana suatu transaksi telah terjadi, tetapi belum dicatat dalam perusahaan.§ Kedua menyangkut suatu transaksi yang telah dicatat dalam akun, tetapi saldonya perlu dikoreksi untuk mencerminkan keadaan yang sebenarnya.Adapun transaksi atau akun yang membutuhkan penyesuaian, adalah:· Selisih kasSelisih kas bisa saja terjadi apabila saldo kas di perusahaan berbeda dengan saldo kas di bank, sehingga diperlukan rekonsiliasi bank. Atau saldo kas menurut catatan berbeda dengan saldo kas secara fisik.

·      Piutang usahaDalam kondisi tertentu piutang pelanggan bisa saja tidak tertagih, hal ini terjadi karena pelanggan meninggal dunia, melarikan diri, sakit permanen, atau pailit. Metode pencatatannya da dua macam yaitu metode langsung dan metode cadangan.

· Persediaan barang dagangSaldo persediaan barang menurut catatan kadang berbeda dengan saldo persediaan secara fisik setelah dilakukan stok opname. Atau masing-masing perusahaan menggunakan metode pencatatan secara perpetual dan fisik sehingga mengakibatkan perlu ada perhitungan persediaan di akhir periode.Metode perhitungannya menggunakan metode harga pokok penjualan dan metode ikhtisar Laba rugi.

· PerlengkapanSaldo perlengkapan beda dengan saldo catatan, hal ini terjadi karena ada pemakaian selama satu periode akuntansi dan yang dicatat ke dalam buku jurnal penyesuaian adalah sejumlah yang terpakai.

· Beban dibayar dimukaBeban perusahaan bisa dicatat dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan laba rugi dan pendekatan neraca

· Penyusutan aktiva tetapAda beberapa metode perhitungan penyusutan aktiva tetap, yaitu metode garis lurus, metode jumlah angka tahun, metode saldo menurun, metode saldo menurun ganda, metode jumlah jam kerja, dan metode satuan produksi.

· Beban yang masih harus dibayar

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here