LAHIRNYA PERGERAKAN NASIONAL DAN PERISTIWA SUMPAH PEMUDA

0
20

Organisasi Pergerakan Nasional – Berbicara tentang sejarah Indonesia memang tidak ada habisnya. Sejarah Indonesia memiliki kisah dan perjalanan panjangnya sendiri. Untuk menjadi bangsa yang besar seperti sekarang, bangsa ini dibangun oleh orang-orang Indonesia hebat yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Bahkan setelah merdeka, masyarakat Indonesia masih bersusah payah membangun negeri dengan kekuatan mereka sendiri.

Dalam praktiknya, Masyarakat Indonesia bersatu dalam kelompok-kelompok kecil bahkan semakin kuat untuk melakukan pergerakan dalam organisasi. Kemunculan organisasi-organisasi yang membawa pergerakan nasionalisme Indonesia ternyata datang dari berbagai golongan. Mulai dari golongan pelajar, kaum nasionalis, aliran sekuler, gerakan profesi, sampai gerakan wanita.

Organisasi pergerakan nasional adalah sebuah gerakan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang memiliki tujuan organisasi untuk memperbaiki nasib atau keadaan rakyat Indonesia yang sama-sama ingin memperoleh kemerdekaan nasional.

Latar belakang terbentuknya pergerakan nasional ini adalah karena adanya kesadaran penderitaan dan kesengsaraan bersama yang selama ini menimpa banyak masyarakat Indonesia selama penjajahan.

Itulah sebabnya organisasi pergerakan ini diharapkan mampu mengakhiri penderitaan masyarakat Indonesia, mendapat keadaan yang lebih baik, dan membuat perubahan yang lebih baik lagi. Ada beberapa faktor penting yang membuat banyak organisasi pergerakan nasional muncul. Faktor tersebut adalah faktor dalam negeri dan luar negeri. Berikut ini rincian faktor munculnya organisasi pergerakan nasional yang perlu kita ketahui:

Faktor Dalam Negeri

  • Akibat dari penderitaan masyarakat Indonesia yang berkepanjangan akibat kolonialisme dan imperialisme dari penjajah
  • Lahirnya golongan terpelajar yang progresif
  • Selama ini perjuangan rakyat Indonesia hanya bersifat kedaerahan atau tidak bersatu dalam kekuatan yang lebih besar, sehingga mudah dibungkam dan dipatahkan oleh penjajah

2. Faktor Luar Negeri

  • Akibat kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905
  • Adanya kebangkitan nasional negara-negara tetangga seperti, India, Filipina, Cina, dan Turki atas penjajah mereka
  • Mulai masuknya paham-paham baru seperti nasionalisme dan demokrasi dari luar negara Indonesia
Bagikan
Artikel SebelumnyaGEGURITAN (kelas XII)
Artikel SelanjutnyaMENENTUKAN BAHAN PHB
Guru Sejarah Indonesia

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here